Minggu, 19 November 2017

Penyu dengan Kondisi Luka Terdampar di Pantai Sariahang Bontomatene


VERTICAL.NET. Seekor Penyu ditemukan oleh warga terdampar di pantai perbatasan Dusun Polong dan Dusun Sariahang Kec. Bontomatene, Kepulauan Selayar, Minggu,19/11/2017.

Hewan dilindungi ini ditemukan terdampar dengan kondisi masih hidup namun pada tubuh penyu dibagian leher ditemukan adanya tanda-tanda luka seperti bekas ikatan.

Menurut keterangan saksi mata, Riyadi Ahmad, melalui akun media sosialnya mengatakan bahwa "sepertinya hewan ini diikat oleh seorang warga. Kondisi leher mulai lecet karena tergesek oleh tali."

Belum diketahui pasti penyebab penyu itu bisa terdampar, begitupun jenisnya, namum yang pasti ukuran penyu tersebut mencapai lebar 50 Cm dan Panjang 70 Cm.

Mengetahui kejadian ini, Baim Strike (sapaan), pemerhati lingkungan dan aktivis illegal fishing ini, langsung bergerak menuju lokasi untuk mengidentifikasi penyu tersebut, agar hewan yang mestinya dilindungi ini, tidak diperlakukan secara tidak bertanggungjawab dan bisa terselamatkan. 

Tidak berselang berapa lama saat Baim tiba dilokasi, penyu akhirnya kembali dilepas kehabitatnya setelah sebelumnya dilakukan identifikasi dan perawatan.

Penyu merupakan salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 karena keberadaannya nyaris punah akibat perburuan.



(Bendo)


(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar