Minggu, 22 Oktober 2017

Wakil Bupati Buka Resmi Festival Bajau Kepulauan Selayar


VERTICAL.NET. Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S. H., M. H., buka secara resmi Festival Bajau Kepulauan Selayar di Rayhan Resto Selayar, Minggu, 22/10/2017 malam.

Pembukaan Festival Bajau ini dirangkaikan juga dengan Launching "Buku Anak Atol" karya anak suku Bajau, Muh. Yakub, dan Seminar Kemaritiman dengan mengusung tema "Upaya Memaksimalkan Kontribusi Suku Bajau dalam Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia."

Selain Wakil Bupati Kepulauan Selayar, acara ini juga dihadiri Presiden Kerukunan Keluarga Bajau Indonesia, Dr. Ir. Abdul Manan, M. Sc., dan sejumlah Pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat Suku Bajau, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan serta undangan lainnya.

Dr. H. Zainuddin, S. H., M. H. dalam sambutannya sangat mangapresiasi acara Festival Bajau yang diinisatori oleh seorang putra Suku Bajau, Muh. Yakub, juga merupakan Direktur Eksekutif Same Sulaya Indonesia, dengan keterbatasan yang dimiliki ia mampu menunjukkan eksistensinya.

Lebih lanjut Zainuddin menyampaikan bahwa Suku Bajau adalah bagian integral dari masyarakat Kepulauan Selayar meski Pola kehidupan Suku Bajau yang berbeda, namun mereka memiliki eksistensi yang nyata dalam membangun kepulauan selayar dan indonesia pada umumnya.

Sementara Direktur Eksekutif Same Sulaya, Muh. Yakub dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatas Festival Bajau digagas kurang lebih setahun dan hari ini dapat terselenggara dengan dana yang bersumber dari sumbangan masyarakat Suku Bajau. Pada kesempatannya Yakub juga sedikit mengulas isi Buku Anal Atol yang ia susun sendiri.

Bagian lain dari acara ini adalah Penganugerahan Gelar Adat kepada Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Ir. Jusman, yang dianggap mempunyai dedikasi yang tinggi dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat Suku Bajau Kepulauan Selayar.

Sekadar tambahan informasi bahwa pelaksanaan Festival Bajau dipusatkan di Pulau Pasitallu Timur 25 -26 Oktober 2017, dengan sejumlah kegiatan antara lain Pementasan Budaya, Lomba Balap Jolor, Lomba Perahu Hias, Lomba Seni Menu Tradisional Bajau, dan Lomba Membuat Miniatur Soppe' Sama.(Bendo)



Ayo Ke Selayar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar