Jumat, 13 Oktober 2017

PLD Bontomatene Peduli Sesama dengan Donor Darah


VERTICAL. NET. Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

"Mari kita sama-sama gelorakan semangat berbagi dan terus berupaya memikirkan kesehatan dan kepedulian ke sesama.

Demikian ungkapan Pendamping Lokal Desa wilayah Kecamatan Bontomatene, juga merupakan Pengurus DPD KNPI Kepulauan Selayar, Andi Afhdal Matalli, ke awak media saat pemuda ini mendonorkan darahnya untuk membantu salah seorang yang membutuhkan di RSUD KH. Khayyung Kepulauan Selayar, Jumat 13/10/2017 sore.

Donor darah, banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang dalam kondisi kritis. Selain itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan, ujar afhdal.

Namun yang tak kalah pentingnya menurut afdhal, adalah niat dengan ikhlas untuk ibadah, karena ini bernilai kemanusian yang pada akhirnya bermuara pada amal jariah bagi pendonor.

Berikut ini manfaat donor darah bagi kesehatan seperti dikutip dari Medical Daily.

1. Sehatkan jantung
Aliran darah yang lancar baik untuk kesehatan jantung. Nah, menurut Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara teratur dapat mengurangi ketebalan dan kelengketan darah, sehingga memungkinkan aliran darah lebih lancar di pembuluh darah, termasuk di daerah jantung.

Sementara itu, dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menunjukkan, mereka yang rutin mendonorkan darah memiliki risiko 88 persen lebih rendah terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak pernah menyumbangkan darahnya.

2. Menurunkan risiko kanker
Penumpukan zat besi dikenal dapat meningkatkan bahaya radikal bebas dalam tubuh yang memicu kanker. Zat besi merupakan salah satu mineral yang terkandung dalam darah.

Dengan begitu, mendonorkan darah sama saja dengan mengurangi simpanan zat besi sekaligus menurunkan risiko kanker.

Menurut The Miller-Keystone Blood Center, konsisten mendonorkan darah dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, usus besar, dan tenggorokan.

3. Menurunkan berat badan
Bonus dari rutin mendonorkan darah adalah penurunan berat badan. Menurut LiveStrong, seseorang bisa membakar sekitar 650 kalori setiap mendonorkan 1 liter darah. Jumlah kalori yang dibakar itu mungkin lebih banyak dibanding lari selama 30 menit.(B23)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar