Jumat, 29 September 2017

Sekretaris Daerah Kab. Kepulauan Selayar Sambut Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Pemuda Sul-Sel 2017


VERTICAL.NET. Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Pemuda Sulawesi Tahun 2017 disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si., di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Jumat, 29/09/2017.

Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, acara ini juga dihadiri perwakilan Deputi IV Bidang Koordinasi SDM,  Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Republik Indonesia, Fatma Puspitasari, Asisten Pemerintahan, Andi Rahman Mudeng, Kabag. Tata Pemerintahan Setda, Drs. Ahmad Syaifuddin, M. M., Camat Takaboberate, serta perwakilan OPD terkait.

Seperti diketahui Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) merupakan sebuah program dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman generasi muda dan merajut pulau-pulau terluar wilayah Indonesia.

Khusus ENJ Sulawesi Selatan Tahun 2017 akan di laksanakan di Pulau Jinato dan Pulau Latondu Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sekretaris Daerah diawal sambutannya menjelaskan kondisi geografis Kepulauan Selayar yang terdiri dari 132 Pulau sehingga sengat pas untuk pelaksanaan kegiatan Tim ENJ, Marjani juga memperkenalkan potensi-potensi pariwisata yang ada dalam wilayah Kepulauan Selayar, serta sedikit mengupas tentang Kawasan Takabonerate sebagai kawasan atol terluas ketiga di dunia.

Sekda juga menambahkan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini tengah berkonsentrasi dalam mewujudkan Kepulauan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Olehnya itu dengan kegiatan ENJ ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang jelas terhadap pengembangan pariwisata di Kepulauan Selayar.Tambah Marjani

Diakhir sambutannya Sekda Mengajak Tim ENJ untuk bersama-sama kembali hadir di Kepulauan Selayar pada pengelaran Festival Pesona Takabonerate yang akan dihadiri oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla. Tutup Marjani.

Pada kesempatan yang sama mewakili Deputi IV Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, Fatma Puspitasari mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Daerah beserta jajarannya atas penerimannya. Fatma juga menyebut ada berbagai langkah dan kegiatan yang akan dilakukan oleh Tim ENJ diantaranya bakti sosial, budaya maritim serta kepariwisataan.

Sementara Koordinator Tim ENJ Pemuda Sulawesi Selatan, Prabowo Setiawan, dalam kesempatannya melaporkan bahwa Tim ENJ ini terdiri 2 tim yang beranggotan 51 Orang, 24 orang akan ditempatkan di Pulau Jinato dan 27 Orang di Pulau Latondu.

Prabowo juga menjelaskan bahwa melalui kerjasama dengan Balai Taman Nasional Takabonerate Tim ENJ juga akan melaksanakan berbagai program diantaranya ; Kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan, PHB terhadap siswa sekolah, pembagian obat-obatan, Program Pendidikan akan diisi dengan mengajar disekolah-sekolah, pelatihan paskibraka, sementara pada Program Lingkungan akan di lakukan aksi bersih pantai, transpantasi karang, pelatihan mitigasi bencana kepada masyarakat, dan untuk Program Ekonomi Kreatif ada pelatihan membuat produk-produk berkualitas yang menghasilkan. Ungkap Koordinator ENJ Sulawesi Selatan dalam laporannya. (Bendo23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar