Selasa, 15 Mei 2018

HUT Bhayangkara ke-72, Polres Gelar Bakti Sosial Donor Darah



VERTICAL.NET. Dalam rangka Bulan Bakti Peringatan HUT Bhayangkara ke-72 Tahun 2018, Polres Kepulauan Selayar dengan bekerjasama PMI Kepulauan Selayar menggelar Bakti Sosial Donor darah dengan mengusung tema "Kita Sehat, Mereka Selamat".

Donor darah dilaksanakan Selasa 15/05 Sekitar pkl 09.00 Wita bertempat di Aula Endra Dharmalaksana Polres Kep. Selayar dan dibuka oleh Bupati Kepulauan Selayar diwakili Asisten III Drs. Dahlul Malik, MH.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kepulauan Selayar yang diwakili Asisten III Drs Dahlul Malik, MH, Kapolres Kep. Selayar AKBP Syamsu Ridwan, S.IK, Waka Polres Kep. Selayar KOMPOL Samsuddin Palulu,SH, Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Kep. Selayar, Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Selayar Ny. Herlina Anggraeni Syamsu, Petugas Medis dr. Hj. Misna (RSU KH Hayyung) dan Utusan dari Instansi Pemerintahan, serta Anggota PMI Kepulauan Selayar.

Dalam sambutannya Kapolres Kep. Selayar AKBP Syamsu Ridwan, S.IK mengatakan bahwa Kegiatan Aksi Donor Darah yg dilaksanakan oleh Polres Kep. Selayar bekerjasama denga Pengurus Kabupaten Palang Merah Indonesia Kab. Kep. Selayar dlm Rangka Hut Bhyangkara ke 72 Tahun 2018

"Selain dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72n Kegiatan Aksi Donor Darah ini dlam rangka mengantisipasi ketersediaan stok darah pada bulan ramadhan tahun 2018/1439 H di Kab. Kep. Selayar", Kata Kapolres AKBP.Syamsu Ridwan. S.IK

Sementara Bupati Kepulauan Selayar yang diwakili Asisten III Drs Dahlul Malik, MH saat membuka acara ini mengatakan bahwa Masyarakat Kab. Kep. Selayar menaruh harapan yng cukup tinggi terhadap kinerja PMI terutama pada pelayanan unit transfuse darah dimana kebutuhan darah makin meningkat .

"Dalam kehidupan sosial masyarakat antara manusia saling membutuhkan satu sama lain, sama halnya dengan kebutuhan darah masing – masing saling membutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia dan donor darah bertujuan untuk kemanusian yg disumbangkan secara sukarela tanpa diperjual belikan" Ungkap Dahlul Malik.

Disebutkan bahwa dalam Peraturan Pemerintah Nomo 7 Tahun 2011 Tentang Pelayanan Darah di Defenisikan bahwa pelayana darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan Dan tidak untuk tujuan komersial

" Dalam sebuah hadist disebutkan “ Sebaik – baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain", Tutupnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi tentang tatacara menjadi pendonor. Menurut dr. Hj. Misna dari RSU KH. Hayyung selaku pemateri menjelaskan bahwa ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh pendonor, antara lain menjaga Kesehatan Jantung, Meningkatkan Produksi sel darah merah, Membantu menurunkan berat badan, Mendapatkan kesehatan pisikologis dan dalam prosesnya dapat Mendeteksi Penyakit serius bilamana ditemukan pada calon pendonor.

Pada acara ini Donor darah dilakukan oleh Kapolres dan Jajaran Personil Polres Kepulauan Selayar dan Utusan Instansi oleh petugas PMI, untuk selanjutnya diserahkan ke RS . KH Hayyung untuk digunakan bagi yang membutuhkan.


Tim Media Polres
-

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar